Senin, 14 Mei 2018

Tips 4 Cara Mengatasi Anak Suka Memukul


Tips 4 Cara Mengatasi Anak Suka Memukul.- Setiap orang tua tentunya bingung menghadapi ulah anak yang suka memukul. Kalau kita perhatikan, memang anak laki-laki biasanya lebih mudah melakukan tindakan agresif secara fisik dibandingkan anak perempuan.

Sebelum mencari stategi yang tepat untuk mengatasi ulah memukulnya, coba kita perhatikan hal-hal apa yang mungkin menjadi pemicunya. Apakah saat ia menonton televisi saja dan ingin meniru tokoh kartun, atau saat ia ingin mengekspresikan emosi, atau justru hanya untuk mencari perhatian.

Ada beberapa cara yang perlu kita lakukan untuk mengatasi ulahnya:

1.   Menegur dan Memberi Pemahaman


Ketika anak memukul, memang kita harus menegurnya tapi ingat bahwa tidak perlu dengan menggunakan cubitan ataupun pukulan juga. Cukup dengan langsung memegang tangannya dan tatap matanya sambil berkata dengan tegas seperti:
Sayang, memukul itu tidak baik dan tidak dibenarkan. Orang jadi kesakitan karena kita. Sekarang minta maaf sama kakakmu
Hal ini lebih efektif dibandingkan kita ceramah panjang lebar sambil memarahinya.


2.   Coba Berikan Time Out
      
Time Out di sini bukanlah hukuman, tapi memberikannya waktu dan ketenangan untuknya agar memikirkan kesalahan yang diperbuatnya. Misalnya, setelah anak ketahuan memukul katakan padanya:

Nak, karena kamu tadi memukul kakak, mamah kasih time out 10 menit, pikirkan kesalahanmu tadi
Semasa time out berusahalah untuk membiarkannya tenang dan tidak perlu menceramahinya panjang lebar. Setelah time out selesai, baru ajaklah ia berkomunukasi tentang perilakunya.


3.   Bersikap Konsisten
      

Hal yang perlu diingat adalah selalu bersikap konsisten. Jadi setiap anak melakukan hal yang tidak baik, selalu juga pada saat itu berikan ia teguran tegas. Arti tegas di sini bukanlah mengeluarkan kata-kata dengan intonasi yang tinggi atau tangan kita di pinggang, yang justru akan malah menambah masalah baru. Pastinya dengan kasih sayang dan tempo tenang sambil
fokus melihat matanya.


4.   Introspeksi Diri dan Anggota Kelaurga Yang Lain


Anak sebenarnya paling mudah belajar dari mencontoh apa yang dilihatnya. Selain tontonan film, kita bisa coba evaluasi diri sendiri atau anggota keluarga yang lain, apakah sering juga menggunakan pukulan untuk melampiaskan emosi? apabila iya, mari bersama-sama mengubah kebiasaan itu untuk memberikan teladan yang baik untuknya.



Demikian Tips 4 Cara Mengatasi Anak Suka Memukul, dengan memberi perhatian lebih ektra kepada anak kita dan memberi kepercayaan jika anak mampu menjadi anakyang memiliki sifat terpuji. Ajarkan pada anak kita arti kasih sayang sesama manusia, terutama pada teman dan keluarganya.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips 4 Cara Mengatasi Anak Suka Memukul
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.