Jumat, 27 April 2018

Permainan Kecerdasan Untuk Anak Bagian 1


Permainan Kecerdasan Untuk Anak Bagian 1.- Sebagai seorang guru yang setiap hari berhadapan dengan dunia anak-anak, kita tidak hanya mengajari anak-anak belajar menguasai materi pelajaran sekolah. Sekali kali kita mencoba sebuah permainan yang positif. Melalui permainan suasana kondusif dapat diciptakan dan dapat membangun kosentrasi anak untuk dapat berpikir, bertindak dan lebih efektif.

Salah satu permainan yang bisa kita terapkan adalah permainan "Cerita Berantai". Hampir mirip dengan pemainan "Pesan Berantai". Bedanya Permainan ini tidak rahasia dan bebas bercerita. Mau tau caranya? Simak dibawah ini

PESAN BERANTAI

Kelompok/individu   : Kelompok
Waktu                      : 15 - 30 menit
Lokasi                      :  Di ruangan/halaman
Jumlah siswa           :  20 - 40 anak
Usia                         :  5 - 18 tahun

Tujuan :
  • Membangun imajinasi.
  • Melatih keberanian berkomunikasi.
  • Menumbuhkan kreativitas berpikir
  • Menumbuhkan keberanian berpendapat

Prosedur Permainan :
  1. Guru mengajak siswa membentuk satu lingkaran besar
  2. Guru menjelaskan tujuan permainan ini dan memberikan tema cerita yang akan dibuat bersama-sama.
  3. Guru menyiapkan catatan untuk mencatat cerita siswa. siswa pertama dipersilahkan bercerita  satu kalimat. Kegiatan bercerita diteruskan oleh siswa lain di sebelah kanannya.
  4. Guru mengatur agar cerita jangan sampai selesai sebelum siswa terakhir memberikan    ceritanya. Cerita berakhir jika semua siswa telah bercerita.

Pembahasan :
Permainan ini mengasah daya kreatif anak. Guru mengatur alur yang dibuat siswa sehingga tamat pada cerita siswa terakhir. Usahakan setiap siswa terlibat dalam memberi andil pada cerita bersama. Guru merekam semua informasi yang diperoleh dari siswa.

Refleksi :
Siswa dimintai pendapatnya setelah seluruh cerita dibacakan kembali. Biasanya ada saja yang berkomentar negatif. Guru mengajak siswa untuk menghargai karyanya dan menyampaikan manfaat dari permainan yang telah dilakukan.

Variasi :
Guru bisa memberikan pilihan tema yang akan diceritakan. Dia juga bisa memotong cerita sebagaian dan dilanjutkan dengan cerita siswa. Kegiatan ini akan terus dapat berkembang jika tokoh-tokohnya atau ceritanya juga dikembangkan.


Ini adalah salah satu permainan kecerdasan untuk anak yang bisa kita terapkan di anak-anak baik di level SD, SMP maupun SMA. Merekan pun sangat antusis dalam mengikuti permainan ini, bahkan saya yakin tidak jaran dari mereka ingin mengulang permainan ini.

Terimakasih telah atas kunjungan dan membaca tulisan ini. Keritik dan saran silahkan di kolom komentar dibawah ini.

Bagikan

Jangan lewatkan

Permainan Kecerdasan Untuk Anak Bagian 1
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.