Minggu, 06 Mei 2018

Agar kita Menjadi Teladan Bagi Anak


Agar kita Menjadi Teladan Bagi Anak.- Banyak orang tua bertanya bagaimana cara mendapatkan anak yang saleh. Tapi terkadang mereka lupa kalu anak yang saleh tidak didapatkan begitu saja saat dilahirkan. Orang bijak berkata :

"Seorang bayi yang baru lahir ibarat kertas putih tanpa noda. Orang pertama yang menulis kertas tersebut adalah orangtuanya. Bagus tidaknya tulisan yang dihasilkan tergantung pada mereka". 

Salah satu "tulisan" yang hendaknya dituangkan orang tua dalam kertas putih seorang anak adalah keteladanan. Anak akan lebih mudah memahami sesuatu jika ia melihat contoh langsung dari orang tuanya. Orang tua adalah guru dan orang terdekat yang harus menjadi panutan. Orang tua harus bisa menjadi figur ideal bagi anak-anaknya. Karenanya, sebagai orangtua  kita dituntut bekerja keras memberikan contoh dalam perilaku. Insya Allah, dengan cara ini anak akan mudah diingatkan secara sukarela.

Berikut ini sikap yang harus kita tunjukan agar kita menjadi teladan bagi si kecil :

1.  Menghargai Orang Lain.

Jika mengharapkan buah hati kita mampu menghargai  perasaan dan hak orang lain, Kita harus memulainya dengan menghargai perasaan dan hak mereka. Tunjukan kepada anak-anak bahwa setiap orang berbeda dan  memiliki kepribadian yang unik.  Tunjukan kepada anak bahwa kita mau dan bisa menghargai perbedaan tesebut. Hal ini akan sangat bermanfaat sebagai bekal ketika anak mulai berinteraksi dengan kawan-kawan sebayanya.


2.  Sopan Santun

Kata-kata sederhana seperti "maaf", "terima kasih" dan "tolong" harus sering kita ucapkan. Hal ini akan membuat anak meniru dan memahami bahwa bersikap sopan santun merupakan bagian dari perilaku dalam kehidupan. Perlihatkan juga sikap menghargai orang-orang di sekitar kita. Tunjukan dalam interaksi sehari-hari saat kita memperlakukan orang-orang yang lebih tua, saudara sebaya dan keponakan yang lebih muda.


3.  Tegas

Sikap tegas seseorang dibentuk dari lingkungannya. Lingkungan yang kurang mendukung ketegasan dapat membentuk pribadi yang lemah. Ciri-ciri seseorang yang kepribadian tidak tegas adalah kurang percaya diri, mudah mengikuti arus dan sering bertindak gegabah.


4.  Tunjukan Antusiasme

Antusiaslah dengan apa pun yang sedang kita kerjakan. Jangan terlihat malas dan ogah-ogahan karena Antusiasme adalah kunci produktivitas dan inovasi. Penelitian menunjukan, anak-anak berprestasi selalu menunjukan antusiasme pada hal-hal yang sedang dikerjakan. Tentu saja, hal itu biasanya mereka dapatkan dari contoh terdekatnya, yaitu keluarga.


Masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan untuk memberikan teladan kepada anak-anak kita. Intinya, orangtua adalah cermin bagi anak-anaknya. Kita harus mulai menyadari bahwa kesalahan yang dilakukan anak tidak semerta murni kesalahan mereka. Di dalamnya terdapat andil kesalahan dari cara mendidik orangtuanya.


Demikian artikel Agar kita Menjadi Teladan Bagi Anak. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimaksih telah membaca tulisan ini. Sampai berjumpa di artikel selanjutnya.

Bagikan

Jangan lewatkan

Agar kita Menjadi Teladan Bagi Anak
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.