Sabtu, 05 Mei 2018

Permainan Kecerdasan Untuk Anak Bagian 2


Permainan Kecerdasan Untuk Anak Bagian 2 - merupakan kelajutan artikel yang berjudul Permainan Kecerdasan Untuk Anak Bagian 1 dimana dalam permainan ini siswa di ajak berkosentrasi, bersoisal  dan pastinya sangat menyenangkan.

Dalam Permainan Kecerdasan Untuk Anak Bagian 2 ini bisa di lakukan dalam kelompok kecil satu sedang, level sekolah (SD) dasar, sekolah menengah (SMP) maupun atas (SMA). Permainan ini bernama "Keluarga Burung". Yuk kita lihat permainannya seperti apa!


KELUARGA BURUNG


Kelompok/individu : Kelompok
Waktu                    : 30 - 60 menit
Lokasi                    : Di ruangan/halaman
Jumlah siswa         : 20 - 40 siswa
Usia                       : 7 - 18 tahun


Tujuan :

  •  Menciptakan suasana penuh keakraban
  •  Bermain peran
  •  Membangun konsentrasi
  •  Melatih kecerdasan sosial


Prosedur :
  1. Siswa dibagi atas kelompok-kelompok kecil yang terdiri atas tiga orang yang berperan sebagai bapak burung, ibu burung dan anak burung.
  2. Ibu burung berkata "kak kak kak". Bapak burung berkata "kok kok kok". Anak burung berkata "kik kik kik".
  3. Guru memberikan penjelasan, jika guru berkata "TERBANG" maka seluruh siswa berpencar seperti burung terbang. Jika guru berkata "MALAM"  maka seluruh siswa berusaha mencari keluarganya hanya dengan menyuarakan bunyi-bunyian yang sudah disepakati. Jika guru berkata "SIANG" maka siswa mencari pasangan baru yang terdiri dari anak, bapak dan ibu dari suara yang khas.


Pembahasan :

Guru mengatur setiap kelompok keluarga terdiri dari bapak, ibu dan anak. Setelah setiap kelompok menemukan keluarganya, guru menyampaikan informasi lanjutan tentang suara bapak yang berbeda dengan suara ibu dan anak. Kemudian guru meninformasikan dengan terbang, siang dan malam. Masing-masing kode mengisyaratkan tingkah laku yang akan dilakukan para siswa. Kemudian guru memeriksa tiap kode isyarat. Jika semua siswa memahami cara bermain maka permainan segera berlangsung.


Refleksi :

Permainan berakhir dengan kegembiraan. Setiap siswa bergembira. Biarkan beberapa saat. Guru mengumpulkan seluruh siswa. Kemudian meminta komentar atau pendapat tentang permainan tadi. Biarkan setiap siswa berpendapat dan guru mendengarkan siswa yang berpendapat. Kemudian diskusikan tentang kelompok yang cepat tanggap dan kelompok yang sulit menemukan keluarga burung.


Variasi :

Kegiatan ini dapat divariasikan dengan binatang lain seperti buaya dan kelinci.


Demikian Permainan Kecerdasan Untuk Anak Bagian 2- ini saya buat dengan singkat dan padat, semoga bermanfaat. Kiritk dan saran bisa disampaikan di kolom komentar dibawah. Terimakasih

Bagikan

Jangan lewatkan

Permainan Kecerdasan Untuk Anak Bagian 2
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.